BUKA BERARTI MEMBELI?? UDAH GAK JAMAN !!!
UPADATE HARGA JUAL OBAT PER JULI 2017
ASLI BERARTI MEMBELI...ITU YANG BENER !!!
UPADATE HARGA JUAL OBAT PER JULI 2017
ASLI BERARTI MEMBELI...ITU YANG BENER !!!
AYO JUAL OBAT ONLINE APOTEK PEDAGANG BESAR FARMASI
AYO JUAL OBAT ONLINE APOTEK PEDAGANG BESAR FARMASI
YANG PUNYA APOTEK, APOTEK PANEL, RUMAH SAKIT ATAU TOKO OBAT SILAHKAN MASUK..LIAT HARGA DAN BANDINGKAN 
BOLEH
 DI BANDINGIN ISI, SEGEL, DAN FAKTUR YANG DI JUAL DI ONLINE APOTEK 
PEDAGANG BESAR FARMASI DENGAN OBAT DARI K24, CENTURY ATAUPUN APOTEK 
& RUMAH SAKIT TERNAMA..SILAHKAN CEK BUKA DAN LIAT EXPIRED DATE NYA 
UNTUK 
DIBANDINGKAN, KALO KITA JUAL OBAT YANG PALSU GAUSAH BAYAR & KALO 
OBAT 
YANG KITA JUAL ASLI SILAHKAN ANGKUT
UPDATE HARGA JUAL OBAT PER JULI 2017
TRAJENTA FCT 5 MG : Rp. 300.000/box (min. 3 box)
DOLOFEN : Rp. 58.000 / box (min. 10 box)
SCANAFLAM 25 MG : Rp. 45.500 / box (min. 10 box)
SCANAFLAM 50 MG : Rp. 74.000 / box (min. 10 box)
SCANDERMA : Rp. 14.000 / tube (min. 36 tube)
SCANDERMA PLUS : Rp. 21.000 / tube (min. 36 tube)
LANAVEN : Rp. 575.000 / box (min. 3 box)
LESICHOL 300 : Rp. 435.000 / box (min. 3 box)
LESICHOL 600 : Rp. 365.000 (min. 3 box)
PROVITAL PLUS : Rp 196.000 (min. 3 box)
untuk item lengkap dari ferron, mepro, guardian, novell, boehringer, abbott, sanofi, dll akan kami email kan..cukup wa email anda ke 0812 9090 0505
*HARGA SUDAH TERMASUK HNA + PPN DISERTAKAN FAKTUR PENJUALAN RESMI
*CASH ON DELIVERY UNTUK WILAYAH JADETABEK & KAB. BEKASI
*MELAYANI PENGIRIMAN LUAR KOTA 
BUKTI KIRIM KIRIM
KAB. BEKASI (CIKARANG)
 KOTA BANDUNG
 BUKTI FAKTUR PENJUALAN RESMI BERIZIN
BUKTI FAKTUR PENJUALAN RESMI BERIZIN
-alamat:
JL. SERMA MARJUKI NO. 72, BEKASI SELATAN
PERUM BINTARA JAYA PERMAI BLOK C 22, BEKASI BARAT
CP : 081290900505 ( RIZKY )
AYO JUAL OBAT ONLINE APOTEK PEDAGANG BESAR FARMASI
AYO JUAL OBAT ONLINE APOTEK PEDAGANG BESAR FARMASI
YANG PUNYA APOTEK, APOTEK PANEL, RUMAH SAKIT ATAU TOKO OBAT SILAHKAN MASUK..LIAT HARGA DAN BANDINGKAN 
Para pharmapreneur & pebisnis apotek sekalian…melihat tema diatas, adakah yang komentar semakna dengan ini : “Ah..apa bedanya TOWS ama SWOT ? Cuma dibolak – balik aja kan ! Dasar ga’ punya kerjaan aja”. Iya benar, secara penulisan memang demikian. Tapi ada suatu rahasia dibalik itu semua (sststst..jangan keras – keras, ada rahasia ! Hanya kamu & aku aja..). Sebelum melangkah jauh, saya akan ajak pharmapreneur & pebisnis apotek sekalian untuk mengingat lagi tentang analisis SWOT (sebelum nanti berubah jadi TOWS).
Kata SWOT  merupakan kependekan dari Strenght (Kekuatan), Weakness (Kelemahan), Opportunity (Peluang), dan Threat
 (Ancaman). Analisis SWOT bisnis apotek merupakan metode analisis yang 
efektif untuk mengidentifikasi faktor – faktor internal dan eksternal, 
serta membuat kombinasi sebuah rancangan strategi dalam rangka 
memenangkan pertarungan bisnis apotek tersebut. Penggunaan analisis SWOT
 tidak akan pernah lepas dari faktor internal yang akan senantiasa 
bertemu dengan faktor eksternal bisnis tersebut. Strenght & weakness cenderung berperan sebagai faktor internal, sedangkan opportunity & threat cenderung merupakan faktor eksternalnya. Secara logika, bisnis apotek dikatakan kokoh bila pada kondisi strenght yang maksimal dengan opportunity yang maksimal pula. Pada posisi demikian, apabila weakness pada kondisi yang minimal & disertai threat
 yang minimal, maka keberhasilan bisnis apotek niscaya akan mudah 
diraih. Untuk lebih mempermudah pharmapreneur & pebisnis apotek 
dalam memahami hal ini, mapping berikut semoga bisa mambantu : 
Berdasar mapping diatas, silahkan dibayangkan...apa jadinya bila sebuah bisnis apotek memiliki strenght yang minimal dengan opportunity maksimal ?...serta dihadapkan pada kondisi weakness yang maksimal serta adanya threat yang maksimal pula ? (tiarap aja deh...!!!).
Analisis TOWS, bukan SWOT !
“Apa bedanya sih ?”. Penasaran kan ? Lets ceck it out…Perbedaan analisis TOWS dengan analisis SWOT merupakan perbedaan sebuah cara pandang (Ngemeng – ngemeng, di Bukan Empat Mata, itu sering disebut Mind Set ! hehe..).
 Pada bisnis apotek, analisis SWOT yang dilakukan biasanya berlandaskan 
kondisi yang terjadi ”saat ini” atau bahkan ”masa lalu”. Perlu dibuktiin
 nih ?...boleh di tes, sediakan masing – masing waktu 1 menit. Satu 
menit pertama untuk menuliskan sebanyak mungkin tentang strenght yang anda miliki, dan satu menit berikutnya untuk menuliskan sebanyak mungkin weakness-nya. Lihat dan bandingkan, hampir dipastikan jumlah strenght yang tertulis akan lebih banyak dibandingkan dengan weakness-nya. Strenght
 yang telah disebutkan tadi begitu banyak tertulis karena menggunakan 
cara pandang ”saat ini” atau bahkan ”masa lampau” yang telah dilalui (ingin mengenang kejayaan masa lalu yach..hehe). Sedangkan weakness
 tertulis lebih sedikit karena bias pada pandangan ke belakang, yang 
cenderung memaafkan atas kelemahan – kelemahan yang ada, bahkan sampai 
terlupakan. Nah..disinilah titik masalahnya, analisis SWOT yang dimulai 
dengan strenght & weakness yang cenderung menggunakan titik tolak ”saat ini” atau ”masa lalu”, sungguh tidak relevan untuk menyambut ”masa depan”.
Sekarang rasakan bedanya dengan analisis TOWS. Analisis ini dimulai dari sebuah threat (ancaman) & opportunity (peluang) yang secara tidak langsung akan memaksa untuk mulai berorientasi pada ”masa depan”. Terlebih lagi bila secara nyata threat
 itu sangat mengancam, pasti deh akan mencari peluang – peluang untuk 
masa depan. Tentu analisis TOWS ini lebih obyektif untuk menyusun 
strategi – strategi bisnis apotek menuju sengitnya sebuah kompetisi. 
Berikut tersaji contoh mapping analisis TOWS untuk sebuah bisnis apotek.
TOWS   Analysis 
 |    
STRENGH 
 |    
WEAKNESS 
 |   
apotek = 4 apoteker 
 |    
apoteker = lulusan baru 
 |   |
modal kerja kuat 
 |    
sistem administrasi manual 
 |   |
letak strategis (mudah diakses) 
 |    
tempat parkir terbatas 
 |   |
harga terjangkau 
 |    
item belum banyak 
 |   |
tempat nyaman 
 |    
kursi ruang tunggu terbatas 
 |   |
OPPORTUNITY 
 |    
S*O - Strategy 
 |    
W*O - Strategy 
 |   
Apotek kompetitor blm "Convert Service into   Care" 
 |    
Lakukan Care, bukan sekadar   Service ! 
 |    
Perbanyak jam praktek apoteker 
 |   
Harga di atas   psikologis pasar 
 |    
Bikin "sensational over" : harga. 
 |    
Perkuat ketertiban catatan data manual 
 |   
Apotek kompetitor kurang strategis 
 |    
Papan nama diperbesar 
 |    
Fokus item pareto "A" & "B" 
 |   
Ada praktek   dokter baru 
 |    
Kerjasama dg dokter baru 
 |    
Kecepatan pelayanan 
 |   
THREAT 
 |    
S*T - Strategy 
 |    
W*T - Strategy 
 |   
Sudah ada 2 apotek lama 
 |    
Brand lebih Care dibanding kompetitor 
 |    
Tanda tata cara parkir 
 |   
Salah 1 apotek kompetitor ada   praktek dokter 
 |    
Penguatan market share : health care 
 |    
Aktif ikut training / seminar   bisnis apotek 
 |   
Salah 1 apotek yang lainnya telah   menjalin kerjasama dengan RS 
 |    
Bikin kerjasama apotek rekanan 
 |   |
*properties :   roviq adi prabowo. 
 |   ||
Mapping diatas menyimpulkan sebuah strategi yang didasarkan atas adanya threat & weakness yang harus diatasi dengan strenght & opportunity. Secara garis besar akan terangkum seperti berikut : 
- Strenght harus dimaksimalkan bila menangkap adanya opportunity
 - Strenght yang kuat digunakan untuk mencegah adanya threat
 - Atasi weakness dengan adanya opportunity
 - Minimalkan weakness dan cegah threat
 
















 
 
0 komentar:
Posting Komentar